..:: DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL - KABUPATEN SIDOARJO ::..

Home Profil Layanan Berita Agenda Artikel Galery Even Peraturan
Selayang Pandang
Visi Misi
Letak Geografis
Data Kependudukan
Akta Kematian
Akta Perkawinan
Akta Kelahiran
Kartu Keluarga
K T P
Pindah Keluar
Pindah Datang
SKTT
Akta Perceraian
S K T S
Undang-Undang
Peraturan Menteri
Peraturan Pemerintah
Peraturan Presiden
pp dispenduk
S K T S
..:: DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL - KABUPATEN SIDOARJO ::..
DASAR HUKUM
1. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan
2. Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006
3. Peraturan Bupati Nomor 1 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan


PENDAFTARAN WARGA NEGARA INDONESIA (WNI) TINGGAL SEMENTARA
1. Persyaratan Pengurus Surat Keterangan Tinggal Sementara (SKTS)
     a. Mengisi formulir tinggal sementara (F.1-12)
     b. Penyerahkan Surat Keterangan Pindah Sementara (SKPS)
     c. Foto Copy KTP
2. Penduduk ingin kembali kedaerah asal sebelum masa berlakunya SKTS berakhir, diserahkan kepada pejabat yang berwenang menerbitkan SKTS


KEWAJIBAN BAGI SETIAP PENDUDUK YANG BERKAITAN DENGAN KK, KTP, SKTS, SKTT-TAS
1. Setiap Kepala Keluarga wajib memiliki Kartu Keluarga dan melaporkan setiap perubahan yang terjadi atas diri sendiri atau anggota keluarganya
2. Setiap penduduk yang telah berusia 17 tahun atau telah/pernah kawin wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Setiap penduduk yang datang diwilayah Kabupaten Sidoarjo untuk mencari nafkah dan tidak bermaksud menjadi penduduk tetap wajib mengurus SKTS
4. Setiap penduduk WNA beserta keluarganya yang mempunyai kontrak kerja di Wilayah Kabupaten Sidoarjo wajib kena SKTT-TAS.


MASA BERLAKU KTP, SKTS DAN SKTT-TAS
SKTS berlaku 1 (satu) tahun

JANGKA WAKTU PENYELESAIAN PERSYARATAN LENGKAP
Jangka waktu penyelesaian SKTS : 1 hari kerja

BIAYA (RETRIBUSI)
SKTS : Rp. 5.000,00


HIMBAUAN / SARAN
a. Laporkan peristiwa vital kehidupan (lahir, mati, kawin, cerai) untuk kepastian hukum.
b. Kretik dan saran dapat disampaikan secara langsung kepada penyedia layanan atau kotak pengaduan di Kecamatan dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sidoarjo.
c. Simpanlah dokumen kependudukan yang anda miliki secara baik.